Rumus Berat Badan Ideal

155869_timbangan-badan_663_382
Masalah berat badan menjadi isu segar nyaris di tiap zaman. Dan pada pada zaman ini, hampir jadi kesepakatan umum bahwa bertubuh langsing adalah bentuk paling ideal. Berbagai produk pelangsing beredar laris manis di pasaran. Mulai dari janji- janji instan hingga berbagai tritmen yang mengiming- imingi hasil memuaskan. Melaui iklan- iklan komersial para biro iklan bekerja sama dengan produsen menanamkan imej yang menjadi tujuan produk mereka. Dengan cara menghadirkan model- model bertubuh langsing (ceking) sebuah diproduk pelangsing ditawarkan. Lalu lama kelamaan akan tertanam sebuah definisi tubuh ideal di benak pemirsanya. Jika ingin dikatakan cantik/tampan maka ‘bertubuhlah’ seperti bintang iklan tersebut. Jika anda kesulitan memperoleh tubuh ideal, pakailah produk kami! Kira- kira begitu pesan tersirat dalam tiap iklan produk- produk tersebut.

Benarkah tubuh tinggi, langsing (baca ceking), kurus, seperti di iklan- iklan itu sudah ideal menurut kesehatan?

Berikut rumus menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita :

Rumus untuk pria :

Tinggi badan – 100 = berat ideal

Misal. Tinggi badan 170 cm, maka 170 – 100 = 70
Berat idealnya adalah 70 kg

Rumus untuk wanita :

Tinggi badang – 110 = …. + 4

Misal. Tinggi badan 160 cm, maka 160 – 110 = 50 + 4 = 54
Maka berat badan idealnya adalah 54 kg

Lalu apa sebutan untuk berat badan yang berlebih dari berat ideal tersebut?

Jika hasilnya berlebih antara : 0 – 10 kg => Overwight

Jika hasilnya lebih besar dari 10 kg => Obesitas

Berada dalam zona tak ideal bukan berarti dunia harus gonjang ganjing. Tak perlu cari pelangsing instan dan tergiur oleh cara- cara melangsingkan tak masuk akal. Cukup perhatikan pola hidup selama ini lalu berkacalah, tanyakan pada diri, sudahkan saya menerapkan pola hidup sehat?
Salah satu cara alami mendapatkan berat badan ideal adalah dengan rutin mandi fajar. Atau yang disebut mandi diantara dua azan (tahajud) dan subuh. Selain merupakan sunnah Nabi, mandi fajar dapat meluruh lemak dan menguatkan daya tahan tubuh dan banyak manfaat lainnya. Cara lainnya ialah dengan rutin berolah raga serta perhatikan asupan nutrisi. Cara ini berlaku bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan begitupun bagi yang ingin menambah angka ditimbangan.

ususbersih
Satu lagi berita baik, jika perut (usus besar) dalam keadaan bersih, tubuh dengan sendirinya akan mencapai berat paling cocok, ideal bagi tubuh. Bagi kamu yang belum mencapai berat ideal jangan kuatir, tak ada masalah yang tak disediakan solusinya. Tetaplah berpikiran positif, berperasaan positif, berlaku positif. ^_^

ilustrasi : google

4 respons untuk ‘Rumus Berat Badan Ideal

Tinggalkan komentar