Yang Pertama

buku pertama

Bukankah segala sesuatu yang pertama selalu meninggalkan kesan? Pertamakali kelelep karena gak bisa berenang. Pertamakali naik pohon tinggi trus gak bisa turun. Pertama masak nasi trus gosong, misalnya. Hohoho.. *gak penting banget buat dikenang, yak?

Baiklah, tiba-tiba saja kepikiran buat nulis ini. Harusnya ditulis di hari buku kemaren, biar momennya pas. Tapi tak apalah. Karena ini menyangkut yang pertama, jadi kapanpun waktunya, ia tetaplah dikenang sebagai yang pertama. Jiahaaa…apalah…apalah.. 😀 (padahal kebetulan nemu aja)

Ini soal buku pertama. Buku pertama yang saya beli diluar buku pelajaran. Sebelum bukunya lenyap, diabadikan dulu di sini biar bisa dikenang. Agar tak terlindas lalu kau hilang dalam pusaran ruang waktu yang menyesakkan. Agar kau tetap abadi, bahkan ketika tulang belulang ini hancur dimakan tanah, kau tak ikut hilang.
Pssttt, apa dengan begini saya sudah syah diterima diperhimpunan tukang timbun kenangan??? :v :v :v

Sebelumnya, jangan kaget ya, tulisan ini akan berbau kanak-kanak level langit tujuh. ^^v

Jadi, sebagai anak kecil, waktu itu kelas berapa SD yak, lupa, saya senang betul dengan hal-hal baru. Termasuk sama sepupu baru, eh, maksudnya saudara sepupu yang baru pertamakali bertemu. Tiga bersaudara itu saya kepoin terus. Dari jarak tertentu dan aman, saya mengamati polah mereka satu-persatu. *kurang kerjaan banget deh*

Sebenarnya udah kenalan, tapi karena saya tipe rada pemalu, mereka juga sepertinya begitu, jadilah diam-diaman terus, hihihi… *jaim banget emang*
Jadi waktu itu, saya sudah pancing mereka buat main bersama. Tapi kakak beradik itu tetap saja gak mau gabung. Satu lawan tiga, ya menang tigalah. ^_^

Matanya tak beranjak dari buku yang mereka pegang. Saya mikir, mereka keren abis. Rajin baca buku, padahal kan lagi rame banget. Wah mereka anak-anak teladan deh kayaknya. Dan sudah pasti pintar matematika (saya mah amit-amit).
Pantas saja kaca matanya tebal sampai dikasih rantai segala, pikir saya. Kalau saya mah ogah (ketahuan malas bacanya hehe…)
Nah, setelah sekian jam berlalu, akhirnya saya bisa tahu, ternyata buku yang mereka baca itu bukan buku pelajaran. Tapi komik, ah saya lupa judulnya. Saya jadi penasaran dong. Jadilah kepengen dibeliin komik juga. Tapi tahunya itu berjenis komik, baru belakangan.

Singkat cerita, ortu ngajak ke swalayan. Saat itu kalau gak salah ke Matahari lama, sekarang gedungnya udah gak dipakai, rusak. Saya senang banget pas naik ke lantai dua langsung lihat rak alat tulis. Masih lekat di ingatan, di lantai dua itu banyak rak pajangnya. Dominan warna putihnya (mungkin yang saya lihat lampu atau dinding warna putih). Rasanya kayak nemu harta karun. Maklumlah ya, imajinasi kanak-kanak. Saya kelilingin semua rak, saat itu masih pendek, raknya lebih tinggi dari kepala saya.
Banyak kotak pensil rupa-rupa gaya, karet penghapus lucu-lucu, pensil beragam corak, buku tulis warna-warni, lengkaplah ya. Kalau gak salah ada boneka juga, tapi saya dari dulu gak suka boneka, sukanya pedang-pedangan atau mobil-mobilan, kelereng juga. (ckckck…) :s
Nah, saking banyaknya, saya jadi bingung mau beli yang mana, kan gak mungkin ambil semua. Saya pun pindah rak. Dan, sekilas mata ini menangkap bayangannya. Ia terlihat mencolok di antara penghuni rak lainnya.

Heiii, itu kan buku yang mereka baca….!!

Bertepatan dengan panggilan pulang dari ortu, tangan saya seperti dapat mandat dari langit, langsung ambil itu bundelan.

Saat itu ide saya ditolak, kata mereka terlalu tebal untuk anak kecil macam saya. Saya yang sudah ketiban cinta pandangan pertama gak mau dengar. Pokoknya maunya yang itu, gak dikasih makan n uang jajan setahun pun gak masalah asal dibeliin buku itu. Entah gimana ceritanya, saya berhasil bawa pulang itu buku.
Ah senengnya. Sepanjang jalan pulang senyam-senyum sambil peluk itu buku.
Saya bisa keren juga nih kalau baca buku ini, mungkin githu kali ya pikiran waktu itu. Hahaha…
Tepatnya sih, rasa penasaran pada buku yang mereka baca itu terjawab sudah.

Nah, tibalah saatnya sampul plastiknya dibuka. Udah siap-siap nih mau baca. Biar asik, saya akan baca mulai dari halaman pertama. (dimana-mana kalau baca emang dari halaman pertama kali…*tiup poni) 😀

Saya buka copernya perlahan, sampai di halaman pertama, lalu beranjak ke halaman berikut. Lalu beranjak ke halaman berikutnya lagi, berikutnya, terus berikutnya lagi dan sampailah saya di ujung dalam sekali buka. Sejenak berubah kalem.
Dengan nafas tertahan, saya beranikan diri melihat copernya. Ada gambar kartun gajah dan beberapa kartun orang. Lalu, seketika lemes tulang belulang saya.

“Kenapa ada tulisan matematika-nyaaaa….?!!”

Oh, tidak. Kenyataan ini menyakitkan. :v
Saya tertipu oleh gambar sampul itu buku. Emang bener ada komiknya (gambar kartun), tapi itu bukan buku komik.
Itu buku TEKA-TEKI MATEMATIKA ciiiiiiinnn…!!! ;( 😦 😦 😦 😦 😦 *nangis kejer*

Makanya teliti sebelum membeli!
Dengerin nasehat orangtua…!!
Apesss…..mau senang-senang baca cerita kartun malah disodorin rumus dan angka-angka….tebal lagi…..wkwkwkwk… :v :v :v

buku pertama. eci fe

Waktu berlalu. Gak mau galau sendirian saya salin deh itu soal teka-teki. Trus dikasih ke tetangga, teman, kakak, adik. Dalam ilmu psikologi ini apa ya nama teorinya? terhibur lihat orang ikut ketipu. Ckckck… *cakar tembok*
Gak ada yang mau jawab itu soal. Jadilah saya kasih soal sekalian kunci jawaban yang ada di halaman belakang. Padahal sama-sama nggak ngerti juga. Hahaha… *sok-sokan..*

Gak mau diomelin karena salah beli (malu-red), saya buka-buka terus deh itu buku. Sok serius baca, padahal mah gak ngerti, ada soal tentang bangun geometrik, pola amuba, gambar proyeksi, pitagoras, tsyanshidzi, poligon ajaib, mancala, ngitung batakolah, ngitung gir sepedalah, sampai ngurusin arisan ibu-ibu juga ada soalnya… *pusing pala berby, mak! :v

Dan, saya berkesimpulan, mungkin ini asal muasal kenapa sampai sekarang saya gak suka baca komik. Komik jepang, komik barat, atau komik doraemon sekalipun saya gak begitu tertarik buat baca. Kalaupun dipaksain baca, selesainya bisa se-jam. Padahal yang lain baca cuma butuh beberapa menit saja.

Nah, begitulah kisah buku pertama saya.
Buku ini sempat berpindah tangan, tapi balik lagi. Sempat mau dihibahkan, tapi gak jadi-jadi. Mungkin karena cemistry kami begitu kuat kali ya. Jadi enggan dipisahkan… *gayanya..uhuyyy… ^_^
Begitulah, sedkit banyak semoga ada manfaat.

4 respons untuk ‘Yang Pertama

  1. Lidha Maul berkata:

    lucu ya, ada seninya saat yang pertama itu. Buku pertama saya apa ya? udah lupa, yang saya ingat buku milik Kakek (sudah meninggal) yang banyak tulisan djadoelnya, rasanya ‘wah’ banget bisa baca tulisan tjantik-tjantik begitu. Feelnya sama deh sama kayak ecife, senyum2, disayang tu buku.
    Jadi mungkin itu buku pertama saya…….. yang saya curi dari dari Nenek *weks*

    Suka

  2. Elisabeth Murni berkata:

    Buku pertama yang saya beli itu komik bilingual. Lupa judulnya apa. Beli saat kelas 3 SD di toko buku bekas hihihi. Tapi kalau buku yang paling berkesan jaman kecil tentu saja buku-bukunya Enid Blyton dan juga Oliver Twist-nya Charles Dickens

    Suka

Tinggalkan komentar