Resep: Goreng jagung

20170121_113218
Ini tak seperti bunga gugur yang tak mungkin kembali ke tampuknya. Kenangan masa kecil ini akhirnya muncul lagi. Apa-apa yang pernah dikecap lidah di masa lalu, akan minta diputar ulang dalam bentuk nyata. Yak, saya merindukan gorengan yang dulu sering saya makan. Dan siang ini kebetulan ada bahannya. Langsung saja eksekusi. Tidak rumit apalagi mahal. Yang penting bagi saya itu, tautan rasanya masih sama seperti dulu. Seperti bertahun-tahun lalu saat tinggal di negri lain. *cieee…nostalgia nih ceritanya* :v
Di tempat saya sekarang hampir gak ada yang jual soalnya. Atau mungkin sayanya yang kurang eksplor (kudet). Jadilah seperti kembali ke masa lalu begitu ide ini tercetus. Yuk ah, kelamaan intro, mari capcus!

Nama gorengannya bagusnya apaan ya? Sangat simple sih ya. Jadi mari kita namai saja goreng jagung. Bukan jagung goreng. Kalau jagung goreng refersnya lebih ke cemilan jagung yang banyak dijual itu. Okeh, mari masuk dapur dan siap untuk masak goreng jagung. Berikut resepnya:

Bahan:

Jagung yang sudah direbus 1 buah (untuk satu porsi/sepiring)
Tepung beras 5 sendok makan
Garam 1/2 sdt / secukupnya
Lada putih/ merica 1/2 sdt
Air putih 1/4 gelas
Minyak goreng
Langkahnya:

Potong-potong jagung yang sudah direbus sepanjang 2-3cm. Tuang tepung ke mangkok. Masukkan garam, lada, dan air. Aduk hingga menyatu. Lalu celupkan potongan-potongan jagung hingga semua bagian terlumuri. Panaskan wajan. Lalu goreng. Setelah kekuningan, angkat, tiriskan. Dan, yuhuuu… goreng jagung siap dihidangkan. Dicocol saos makin nikmat.

Gampang sekali bukan? Bagitu goreng jagung ini masuk ke mulut, saya seperti terseret lorong waktu. Dulu saya suka jajan gorengan ini tiap sore. Hmm, mungkin jika ditemani secangkir teh akan makin nikmat. Atau bisa juga jadi temannya kopi.
Nah, sekian resep goreng jagung dari saya. Semoga menu goreng jagung ini bisa menambah pilihan ide memasak di dapur anda.

Tinggalkan komentar